hi guys.. how are you today? hope all of you are fine...
Aku mau share nih tentang peraturan saat memasuki pesawat yang terlihat kecil dan sering diabaikan penumpang namun ternyata sangat penting dan erat kaitannya dalam keselamatan penerbangan.
1. Kenapa harus membuka penutup jendela di kabin pesawat saat take off dan landing?
Saat boarding di siang hari, banyak penumpang menutup penutup jendela di kabin pesawat dengan alasan panas atau silau. Saat pramugari mengingatkan untuk tetap membuka penutup jendela hingga pesawat lepas landas, sebagian bertanya mengapa harus ditutup? sebagian menuruti tanpa komentar, dan sebagian lainnya marah lalu membuka penutup jendela tersebut, namun saat pramugari berlalu mereka kembali menutupnya.
Hal ini sangat di sayangkan mungkin karena sebagian penumpang belum memahami tentang pentingnya hal tersebut.
Penutup jendela dibuka pada saat fase kritis yaitu sebelum dan sesaat setelah take off, serta sesaat sebelum landing hingga saat pesawat mendarat, hal ini dikarenakan untuk memudahkan seluruh penumpang maupun awak pesawat mengetahui kondisi yang terjadi diluar pesawat seperti apabila timbul api dibagian sayap, asap tebal pada mesin, pesawat mendarat mulus di daratan atau dilautan, dll. Jadi saat fase kritis (take off dan landing) hal ini sangat penting untuk mengetahui selain didalam kabin, kondisi diluar pesawat juga sangat penting bagi keselamatan penerbangan.
2. kenapa lampu di kabin harus diredupkan ketika malam hari?
Apabila pesawat berangkat pada saat malam hari, sesaat sebelum take off ataupun landing pramugari akan meredupkan cahaya lampu di kabin, hal ini dimaksudkan agar penumpang dan awak pesawat mampu melihat kondisi diluar pesawat selama fase kritis (yang hanya dapat dilakukan bila kondisi didalam pesawat lebih gelap daripada kondisi diluar pesawat). Hal ini dilakukan dengan alasan safety yang sama dengan penutup jendela, yaitu agar penumpang dan awak pesawat bisa melihat dan memantau kondisi yang terjadi diluar pesawat.
3. kenapa meja didepan kursi penumpang harus ditutup saat take off dan landing?
Untuk alasan safety, meja harus dalam kondisi tertutup dan terkunci saat fase kritis (take off dan landing) dikarenakan apabila terjadi kondisi darurat, meja tersebut tidak menjadi penghalang saat dilakukan evakuasi, dan penumpang yang berada pada kursi bagian dalam dekat jendela dapat keluar tanpa terhalang apapun.
4. kenapa sandaran kursi harus ditegakkan pada saat fase kritis?
Saat sandaran kursi dimiringkan, maka akan menutup hampir setengah jalan bagi penumpang yang berada dibelakangnya, maka pada saat fase kritis kursi yang dimiringkan harus kembali ditegakkan karena alasan yang sama seperti meja sebelumnya, agar tidak menjadi penghalang bagi penumpang yang duduk dibelakangnya untuk keluar pada saat terjadinya evakuasi.
Thanks guys for visit this page, semoga bermanfaat! :)
bermanfaat banget informasinya mbak....jadi inget pengalaman first flight bulan mei kemaren, waktu itu kebetulan saya dapat window seat pas itu cuacanya cerah and cahaya mataharinya silau banget trus sebelum take off window blind-nya udah saya buka sih trus pas dh diketinggian saya tutup lagi soalnya silau trus gak lama kemudian mbak FA nya dateng nyuruh nutup tuh window blind, saya mah manut aja tapi penasaran banget knp mesti ditutup eh baru sekarang dapet jawabannya...Btw, bisa jadi informasi yg bagus buat yg bakal ngalamin first flight ne...keep posting artikel terbaru seputar aviationnya yah mbak...:D
BalasHapusHai Zea, terima kasih udah visit blog ini, mudah-mudahan bisa terus bermanfaat :)
HapusKomentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus